Kamis, 29 Maret 2012

CARA MERAWAT BURUNG MERPATI

 CARA MERAWAT:
ini hanya sekedar berbagi pengalaman dimana saya merawat merpati sehari-hari, secara rutin burung tiap pagi apabila cuaca baik (matahari terang) burung pasti saya jemur kira2 1- 2 jam, jika matahari sangat panas kita kasih lap basah kemudian masuk kandang sudah tersedia minum tanpa makanan
Kira2 jam 3 sore burung2 yang akan dimainin sudah keluar.
Untuk makanan :
1. Burung yang sedang dimaiin (karena kondisi giring) biasanya males makan, saya bantu spet pakai bubur bayi, kemudian kasih suplement Celovit-B
2.Untuk burung2 yang istirahat seperti biasa kasih makan jagung secukupnya ditambah beras merah dan tiap 3 hari sekali saya kasih madu
3.Kalau burung yang sedang ngeloloh selalu saya kasih makan extra sampai bosen
4.Setiap malem untuk burung2 yang sedang main saya kawinkan sambil melihat kondisinya

Sekali lagi ini juga hal yang saya lakukan dalam melatih burung:
Untuk burung piyikan saya selalu melatih terbang sendiri sampai kira2 sejauh 1 Km untuk mencapai jarak ini kira2 2 giringan, setelah itu saya pakai gandengan.
Kalau untuk burung yang sudah mentok, biasanya giringan awal burung saya lop sendiri2 pas giringan sudah bagus baru saya gandeng dengan lepasan mentok

Memang kata temen2 saya penakut bermain burung, tetapi saya punya pedoman dalam bermain biasanya saya patok 1Km =2 giringan, tapi ya kita tetap melihat kondisi burung dan tingkat kecerdasan serta pertimbangan cuaca.
Mungkin ini pengalaman saya , bukan merupakan patokan secara umum dan benar, hanya berbagi pengalaman


contoh merpati yang baik: